OBJEK WISATA GUNUNG TIDAR, WISATA PEGUNUNGAN DI TENGAH KOTA MAGELANG

OBJEK WISATA GUNUNG TIDAR, WISATA PEGUNUNGAN DI TENGAH KOTA MAGELANG









Magelang mempunyai bermacam-macam keunikan yang tak dimiliki tempat lain, salah satunya merupakan Gunung Tidar yang berada persis di tengah kota Magelang. Gunung Tidar terbukti ialah daerah liburan sejarah unggulan masyarakat Magelang. Gunung Tidar mempunyai ketinggian sekitar 503 mdpl, walau gunung ini tak terlalu tinggi tetapi suasana di daerah liburan ini terasa natural sekali. Zona pegunungan banyak ditumbuhi pohon-pohon pinus serta pohon salak.

Rerimbunan pohon pinus dan bermacam-macam tanaman salak akan sobat jumpai dikala mengunjungi Gunung Tidar. Juga pohon beringin tua yang membikin Gunung Tidar semakin rindang. Angin sepoi-sepoi akan menerpa wajah sobat sambil merasakan kiri kanan yang juga ditumbuhi pohon cemara.

Tamasya Religi di Magelang

Gunung Tidar familiar tak cuma pesona keindahannya saja tapi di atas Gunung Tidar terdapat makam dan daerah petilasan para leluhur Magelang. Banyak legenda seputar Gunung Tidar Magelang, ada yang mengatakan bahwa Gunung Tidar di Magelang sebagai paku yang menancapkan pulau Jawa yang melayang-layang di tanah. Hal itulah yang menyebabkan Gunung Tidar disebut sebagai “Pakuning Tanah Jawa”.



Seandainya kalian berkesempatan mendaki Gunung Tidar, sedikit lagi sebelum menempuh puncak, kau telah disambut sebuah petilasan makam dari Syekh subakir, makam hal yang demikian hingga kini malah makam hal yang demikian senantiasa ramai dikunjungi.

Tidak cuma itu, di sebelah tenggara terdapat sebuah web lagi, merupakan petilasan kyai Semar. Petilasan hal yang demikian dijadikan serupa dengan makam, berbentuk bangunan besar dengan atap kerucut kuning besar dan dijaga oleh patung naga yang mengitari ke empat sisi. Untuk masuk kesana, Anda perlu melapor pada juru kunci Gunung Tidar.

Mitos Seputar Gunung Tidar

Setibanya di atas bukit, terdapat lahan mendatar yang cukup luas, ditengahnya terdapat prasasti setinggi sekitar dua meter berbentuk tugu segi empat tinggi melambung ke atas. Di tiga sisi terdapat aksara jawa yang sma-sama berbunyi so, dansatu sisi lagi mempunyai lambang burung garuda.

Prasasti hal yang demikian bernama pancer tidar, konon yakni warisan dari syekh Subakir dikala menemukan bukit hal yang demikian di tanah Magelang.

so pertama sampai terakhir adalah satu keterkaitan. So pertama dari kata sopo, yang berarti sopo wae dapat salah, dalam bahasa Indonesia merupakan semuanya punya kemungkinan salah.

Lalu yang kedua sumber salah sendiri tidak cuma berasal dari tindakan, dan ucapan, melainkan juga pemikiran. Sesudah itu soleh, yang berarti mengakui kesalahannya. Berani membenci kekeliruan, meminta maaf dan mohon ampun terhadap pihak yang disalahkan.

Tugu pancen tidar inilah yang diandalkan berada di titk sentra Pulau Jawa, dan menjadi paku alam Pulau Jawa.



Lokasi Gunung Tidar Magelang

Gunung Tidar berada di tengah kota Magelang. Pintu masuk pendakian ke Gunung Tidar ini berada di belakang terminal angkutan kota Magelang. Sebelum masuk ke zona gunung, kita diharuskan untuk mampir ke pos juru kunci makam yang letaknya berada persis di depan pintu masuk

Harga Karcis Masuk Gunung Tidar

Mulai 3 Oktober 2017 Pemerintah Kota Magelang menggunakan penarikan retribusi karcis masuk bagi pengujung Gunung Tidar sebesar Rp. 3.000/orang. Untuk tahun 2017 ini dari Januari sampai akhir bulan September tercatat ada sebanyak 119.395 pelancong. Jumlah itu meningkat dibanding kunjungan tahun 2016 yang cuma 82.696 pelancong.

woaw sangat religius ya artikel di atas,sangat menarik dibaca dan menarik untuk di kunjungi.tetapi tidak hanya di magelang saja yang mempunyai wisata lho,contohnya di jepara yang tidak kalah menariknya obyek wisata di magelang..di jepara mempunyai banyak wisata.dan yang paling terkenal di jepara adalah kota ukir dan meubel lho.salah satunya yaitu yang paling terkenal adalah furniture jepara kami..toko online terpercaya yang paling sangat di gemari orang untuk memesan barang furniture kami.seperti lemari pakaia jati,kamar minimalis,kamar set mewah,dan masih banyak lagi.

Komentar

Postingan Populer