Wisata Religi Ke Masjid Agung Jawa Tengah - Wisata Bulan Ramadhan

Masjid Agung Jawa Tengah atau biasa disingkat MAJT, lokasinya tetap berada tidak jauh dari pusat kota Semarang. Sekitar 3 km arah timur laut Simpang Lima Semarang. Tepatnya di jalan Gajah Raya, Desa Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan bangunan masjid, yang tidak hanya hanya sebagai daerah ibadah. Tetapi sudah jadi destinasi wisatawan yang mampir ke Kota Semarang. Masjid Agung Jawa Tengah memiliki kekuatan tarik wisatawan, sebab desain arsitekstur masjid yang tidak biasa kita temukan di Indonesia.

Masjid Agung Jawa Tengah memiliki desain unik, mencampurkan unsur formalitas Jawa, Arab dan Roma. Seperti bentuk bangunan utama masjid yang berupa joglo, khas arsitektur Jawa.  Sedangkan desain  Arab muncul terhadap seni kaligrafi di dinding dan juga untuk mimbar masjidnya yang sangat memukau. Gaya Roma muncul dari desain dinding luar bersama dengan lengkungan dan tiang-tiangnya.

Daya tarik lain dari Masjid Agung Jawa Tengah adalah ada payung raksasa yang  di menempatkan di serambi Masjid. Payung ini mirip bersama dengan payung yang terdapat di Masjid Nabawi Kota Madinah. Terdapat 6 payung hidrolik raksasa yang dioperasikan secara otomatis, bakal terhubung dan menutup terkait suasana cuaca.

Di daerah Masjid Agung Jawa Tengah terdapat bangunan lain yang termasuk menarik untuk dikunjungi. Yaitu Al-Husna Tower atau Menara Asmaul Husna yang memiliki ketinggian 99 meter. Pengunjung bisa naik ke puncak menara memakai lift yang disediakan.  Di puncak menara kita bisa menyaksikan keindahan bangunan masjid terhadap anggota atasnya dan kota semarang sampai kejauhan. Bahkan pesisir pantai utara termasuk bisa kita lihat, terlebih disini termasuk sudah disediakan teropong untuk menjangkau pemandangan yang lebih jauh, sangat cocok untuk menemani wisata ramadhan anda.

Di dalam Masjid Agung Jawa Tengah ada termasuk benda-benda bersama dengan ukuran yang tidak biasa, layaknya Al qur`an Raksasa dan Beduk raksasa.  Untuk fasilitas yang disediakan, disini sudah dibangun fasilitas perpustakaan, auditorium, penginapan, museum kebudayaan Islam, resto makanan dan kios cendera mata. Area parkir kendaraannya pun memadai luas.

Masjid Agung Jawa Tengah resmi digunakan terhadap tahun 2006, diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono. Mesjid ini memiliki kapasitas jamaah lebih kurang 15.000 orang. Tiket masuk ke dalam daerah Masjid Agung Jawa Tengah Tidak dipungut ongkos hanya, hanya untuk naik ke menara Asmaul Husna saja yang dikenakan tarif masuk.

Untuk itu jika anda berada di semarang jangan lupakan tempat wisata menarik yang satu ini yang pastinya akan sangat memukau dan sangat di sayangkan untuk di lewatkan.

Komentar

Postingan Populer